31 Januari 2007

tip laris manis...

Sebagai penulis, saya kadang ngeri melihat begitu banyak buku komputer yang beredar di pasaran. Persaingan antar penerbit semakin ketat. Jumlah penulis TI semakin meningkat tajam. Hal ini dapat kita lihat dari semakin berjejalnya buku komputer di rak-rak toko buku terkemuka. Saya tidak bermaksud mematahkan keinginan dan semangat menulis Anda... hehe (takut tambah pesaing kali ya...). Cuma kita musti pintar-pintar memilih tema buku jika hendak mengais rejeki dari royalty penulisan buku.

Ok, lantas gimana nih ...?

Pertama, coba Anda perhatikan satu per satu judul-judul buku yang ada di rak toko. Ya, sebenarnya tema-tema yang ditulis berputar soal itu-itu saja, aplikasi itu-itu saja. Di satu sisi, penerbit tentu tidak akan menerima naskah dengan tema dan versi yang sama- jadi ya harus pintar-pintar 'create' naskah yang benar-benar unik. Hilangkan keinginan untuk membuat buku panduan atau tutorial tentang cara pemakaian sebuah program/aplikasi, karena hampir bisa dipastikan Anda akan kalah cepat dengan penulis lain. Hilangkan juga keinginan mengangkat sebuah aplikasi 'alternatif' yang masih jarang atau belum ditulis (ya karena semua tahu kalo yang itu nggak bakal laku, hehehe...). Cobalah untuk lebih kreatif dalam menulis aplikasi yang telah Anda kuasai, entah Anda create menjadi buku latihan proyek, kumpulan tip optimasi program, resep, jika perlu ramu dengan aplikasi lain sehingga isinya akan lebih dahsyat (kok seperti iklan jamu ?...).

Kedua, coba Anda perhatikan lebih seksama buku-buku di depan Anda. Nah, rata-rata cuma ngajari orang cara pake sebuah program/aplikasi. Itu juga dengan contoh dan latihan ala kadarnya. Gimana kalo kita bikin buku yang ngga bahas aplikasi, khan asyik tuh, jika perlu buat yang spektakuler (ingat kisah sukses buku hacking-nya Jasakom khan ?). Penerbit niscaya akan dengan senang hati mencetak, mencetak, dan mencetak lagi jika buku Anda laku dan tidak lapuk oleh usia (baca bebas versi program).

Ketiga, coba Anda buka-buka setiap buku yang Anda kuasai temanya. Yah kok kebanyakan untuk pemula, jarang khan buku untuk tingkat advanced ? Nah, kalo ini terserah Anda. Jika Anda mampu dan tema memiliki potensi jual, kenapa tidak Anda tulis dengan materi yang lebih komprehensif, matang, tidak hanya bicara menu dan fitur, serta sarat dengan ilmu (bukan sarat dengan gambar ya...).

Keempat, kelima, dan seterusnya saya simpan dulu ya... Selamat menulis !

5 komentar:

Anonim mengatakan...

pak zen, koq gak ada soutboxnya? webnya pakzen udah tak link lohh

Ahmad Masykur mengatakan...

Sepintas buka blognya cukup menarik tapi ada satu hal yang aku sedikit bingung. Aku mendengar suara ngung... ngung.... ngung... terus di komputerku. Aku cari dan tanya teman di sekitarku suara apa itu? Eh... ternyata suara berasal dari komputerku dan aku cari dari mana sumbernya. Setelah aku cari2 ga ada aplikasi pemutar musik yang aku jalankan. Tambah bingung, aku coba cari mungkin dari salah satu dari web yang saya buka. Ternyata benar setelah blog ini saya tutup suara tersebut hilang. Pak Zen, kenapa pilih suara yang aneh di blog Anda? Ada filosofi apa ya?

Zen mengatakan...

kena deh, pertanyaannya udah kejawab kali yaa... hehehe.
OK nanti saya ganti, atau malah mau desainin banner baru buat gantinya ?

Ekstensi Teknik Industri 2004 mengatakan...

wah iya nih bener....ada bunyi2an aneh...tp benernya monitorku juga suka bungi ngiiiiingggggg kadang2 knp yah ? aneh saya bawa ke LG service centre 2 kali disana ktnya gak bunyi . apakah listrik dikost pengaruh ???
pak zen webnya sudah saya link loh...

Zen mengatakan...

kalo bunyi-bunyian dari blog saya seperti yang dimaksud mas ahmad masykur udah saya hapus, itu dari audio di banner flash. Kalo bunyi yang dari monitor, bisa jadi karena tegangan lsitriknya ngga stabil di lokasi mas. Silakan dilengkapi perangkat stabilizer biar awet hardwarenya :)